Strategi Pemasaran Efektif Pada Era Digital
siMark.id | 24 Oct 2022 11:00

Bagikan ke

Simark.id - Untuk membuat produk anda dilirik oleh calon pelanggan, tentu saja salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan pemasaran. Pada era digital ini, media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk anda semakin bervariasi, tidak hanya televisi, koran, dan radio saja, ada juga social media. Social media itu juga tidak hanya satu aja, ada beberapa social media yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk-produk anda. Walaupun sarana pemasaran semakin banyak, namun tetap saja jika tidak menggunakan strategi tidak akan berjalan dengan lancar. Berikut beberapa strategi pemasaran yang efektif pada era digital ini.

Baca juga: Menggunakan Website Untuk Bisnis dan Marketing

Memanfaakan Search Engine Marketing

Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan melalui internet adalah dengan menggunakan Search Engine Marketing (SEM). Dengan menggunakan ini dapat meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian. Menggunakan Search Engine Marketing dapat dibilang efektif dikarenakan banyak orang yang menggunakan mesin pencarian pada internet untuk mencari informasi mengenai barang atau jasa yang mereka cari. Dengan menggunakan SEM, dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen untuk mengunjungi website anda.

 

Memanfaatkan Email Marketing

Sama seperti namanya, strategi pemasaran ini menggunakan email sebagai media untuk mempromosikan barang anda. Biasanya dari pihak penjual akan mengirimkan email kepada calon konsumen dan juga yang sudah menjadi konsumen. Strategi yang satu ini efektif dikarenakan lebih personal dan email yang dikirimkan langsung masuk ke inbox customer.

Baca juga: Kesalahan Menggunakan Instagram Untuk Strategi Marketing

Memanfaatkan Social Media Marketing

Strategi ini memanfaatkan social media sebagai sarana untuk memasarkan produk anda. Selain menggunakan search engine, konsumen juga banyak mencari produk-produk melalui social media. Menggunakan social media juga membuat anda dapat berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen anda.

 

Memanfaatkan Content Marketing

Content marketing adalah proses pemasaran dengan membuat konten yang relevan, fungsinya adalah untuk menarik, dan memperoleh konsumen. Konten-konten seperti foto, video, artikel yang menarik dan relevan, adalah kunci agar content marketing ini berhasil. Jika ingin menggunakan strategi ini, sebaiknya dijalankan dengan metrik yang jelas, agar anda dapat memantau konten yang anda buat apakah benar efektif atau tidak.

 

Itu dia beberapa strategi pemasaran yang dapat anda gunakan.

Baca juga: Kesalahan Marketing Yang Perlu Dihindari di Social Media