Memulai Bisnis Food Truck
siMark.id | 21 Oct 2022 14:00

Bagikan ke

Simark.id - Salah satu bisnis yang tidak pernah habis masanya sampai sekarang adalah bisnis kuliner. Namun dikarenakan semakin banyak yang terjun kedalam bisnis ini, membuat persaingan dalam bisnis kuliner semakin ketat. Sehingga pelaku bisnis pun harus memutar otak mereka untuk membuat sesuatu yang baru, salah satunya adalah menjual produk mereka dengan menggunakan food truck. Food truck sendiri adalah jenis usaha yang kegiatan operasionalnya menggunakan kendaraan besar.

Baca juga: Kesalahan Menggunakan Instagram Untuk Strategi Marketing

Menurut Ketua Asosiasi food truck Indonesia (AFTI), Joko Waluyo mengatakan jika bisnis yang berkonsep food truck memiliki prospek yang bagus, namn juga memiliki resiko yang tinggi, sehingga pelaku bisnis harus mempersiapkan segalanya dengan matang. Ini beberapa tips yang dapat dicoba jika ingin memulai bisnis food truck.

 

Mengikuti Event dan Bazar

Kegiatan event dan bazar adalah tempat yang bagus dan juga efektif untuk mengenalkan food truck anda kepada masyarakat. Jika kita bergi ke sebuah bazar dan event pasti tidak jarang kita akan melihat ada food truck disana. Dengan mengikuti event dan bazar dapat membuat pengunjung penasaran dengan food truck anda. Dan juga dengan menggunakan food truck tidak memerlukan space yang terlalu luas, dan transaksi dapa dilakukan dengan cukup cepat.

 

Menentukan Lokasi Berjualan

Walaupun food truck itu fleksibel dapat memilih lokasi dimana saja, namun jika lokasi yang dipilih tidak strategis tetap akan membuat food truck anda sepi. Pastikan tempat yang akan digunakan untuk berjualan strategis. Dan juga perlu ada kesesuaian antara jenis kuliner yang anda tawarkan dengan konsumen.

Baca juga: Kesalahan Marketing Yang Perlu Dihindari di Social Media

Bergabung Dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas khusus food truck juga memiliki banyak keuntungan, anda dapat terbantu ketika bisnis yang dijalankan sedang mengalami kendala. Selain itu anda juga dapat mendapatkan pelajaran mengenai bisnis food truck. Bergabung dengan komunitas akan dapat menambah pengalaman dan dapat bertukar pikiran mengenai bisnis food truck.

 

Menggunakan Social Media Untuk Pemasaran

Anda dapat menggunakan social media untuk melakukan pemasaran terhadap bisnis food truck anda. Social media yang dapat anda gunakan seperti Instagram, twitter, facebook, dan sebagainya. Dengan mempromosikan bisnis food truck anda di social media, anda berpeluang meningkatkan customer anda

 

Itulah beberapa tips jika ingin memulai bisnis food truck.

Baca juga: Social Media Untuk Berbisnis