Social Media Untuk Berbisnis
siMark.id | 20 Oct 2022 14:00

Bagikan ke

Simark.id - Social media adalah sebuah media online dimana penggunanya dapat berbagi, dan membuat konten dan juga tulisan. Pada era modern seperti sekarang, semua kalangan dari yang masih muda hingga yang sudah dewasa menggunakan social media seperti, Instagram, tiktok, twitter, dan sebagainya. Dengan adanya social media ini kita dapat dengan mudah memberikan informasi. Selain itu, jika memiliki bisnis, social media dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis yang anda miliki. Berikut ini adalah mengapa social media dapat digunakan untuk berbisnis.

Baca juga: 4 Fungsi Dasar Penerapan Market Share Dalam Bisnis

Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Salah satu hal penting untuk membuat bisnis sukses adalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan social media, anda dapat dengan lebih mudah untuk mengenal pelanggan, selain itu dengan menggunakan social media juga, lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan anda. Salah satu tools pendukung yang dapat digunakan adalah facebook insight, karena anda dapat melihat data mengenai orang-orang yang mengunjungi halaman bisnis anda. Dengan menggunakan tools tersebut, anda dapat melihat tren usia, dan menggunakannya sebagai acuan untuk membuat konten.

 

Mendengar Kemauan Pelanggan

Dengan menggunakan social media untuk berbisnis, anda dapat dengan mudah mendapatkan feedback positif dan juga negatif, karena feedback dari pelanggan adalah sesuatu yang penting ketika melakukan bisnis. Pelanggan dapat menyampaikan feedbacknya menggunakan kolom komentar pada postingan yang anda post, atau bisa juga langsung menggunakan direct message.

Baca juga: 5 Ide Bisnis yang Bisa Dipilih Tanpa Keluar Modal

Meningkatkan Pengunjung Website

Dengan banyaknya pengunjung website, maka akan semakin besar peluang untuk mereka untuk membeli produk anda. Dengan menggunakan social media sebagai sarana pemasaran itu dapat meningkatkan pengunjung website yang anda miliki.

 

Melihat Persaingan Pasar

Dengan social media, anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai kompetitor anda. Anda dapat menganalisa informasi yang didaptkan mengenai kompetitor anda. Anda dapat memperhatikan followers dan juga bagaimana kompetitor memasarkan dan mempromosikan produknya, dengan begitu anda dapat membuat strategi untuk memasarkan dan juga mempromosikan produk anda.

 

Itu adalah beberapa hal mengenai social media untuk berbisnis.

Baca juga: 4 Fungsi Utama Melakukan Rebranding dalam Bisnis