Beberapa Bahan Pengganti Minyak Goreng
siMark.id | 17 Oct 2022 14:00

Bagikan ke

Simark.id - Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang termasuk kedalam sembilan bahan pokok. Ini dikarenakan minyak goreng tidak akan luput dari kehidupan sehari-hari apalagi dalam kegiatan masak-memasak. Namun ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk dijadikan sebagai pengganti minyak goreng, apabila kita tidak memiliki minyak goreng. Berikut adalah berapa bahan yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng.

Baca juga: Jenis-jenis Telur Ayam di Pasaran

Mentega

Bahan pertama yang dapat kita gunakan sebagai pengganti minyak goreng adalah mentega. Mentega merupakan produk yang terbuat dari susu hewani. Untuk bahan yang satu ini dapat digunakan untuk membuat kue maupun roti. Selain dapat digunakan untuk membuat roti atau kue, mentega juga dapat digunakan untuk menggoreng atau memasak makanan yang hanya membutuhkan sedikit minyak, seperti telur dan juga beberapa makanan lainnya.

 

Minyak Kelapa

Setelah mentega ada minyak kelapa yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Minyak ini memiliki beberapa manfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah menurunkan kolestrol. Minyak kelapa murni dapat digunakan untuk menumis dan juga menggoreng, dikarenakan minyak ini memiliki titik asap yang tinggi. Namun berbeda dengan minyak kelapa biasa yang memiliki titik asap lebih rendah, sehingga lebih baik digunakan memasak dalam suhu rendah.

Baca juga: Beberapa Jenis Gula Yang Kita Kenal

Margarin

Lalu ada margarin, masih banyak yang menganggap margarin dan mentega itu sama, tetapi kedua bahan ini berbeda. Margarin merupakan bahan pengganti mentega yang terbuat dari minyak nabati. Untuk warna dari margarin ini lebih pucat daripada warna mentega. Margarin juga sama seperti mentega yaitu dapat digunakan untuk menumis, dan memasak makanan yang hanya perlu menggunakan sedikit minyak, hasil masakan yang menggunakan margarin dapat terasa lebih gurih.

 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun yang biasanya digunakan sebagai dressing pada salad dapat digunakan sebegai pengganti minyak goreng. Namun dikarenakan titik asap minyak zaitun itu rendah, sehingga hanya bisa digunakan seperti menumis, atau memasak yang menggunakan sedikit minyak. Ketika menggunakan minyak zaitun perlu diperhatikan suhunya, karena jika melewati batas, kandungan yang yang terdapat dalam minyak zaitun akan rusak.

 

Itu adalah beberapa bahan yang dapat digunakan sebagai minyak goreng, apakah kalian pernah memasak menggunakan salah satu bahan diatas.

Baca juga: 4 Jenis Susu dan Perbedaannya