Beberapa Jenis Gula Yang Kita Kenal
siMark.id | 13 Oct 2022 17:00

Bagikan ke

Simark.id - Siapa yang tidak mengenal gula, salah satu bahan makanan yang memiliki rasa manis, dan sering digunakan sebagai tambahan pada masakan dan juga minuman. Dengan gula juga kita bisa menambahkan rasa gurih kedalam masakan ketika sudah bercampur dengan garam. Berikut adalah beberapa jenis gula yang mungkin sudah kalian kenal.

Baca juga: Jenis-Jenis Tepung Yang Sering Digunakan

Gula Pasir

Pada list yang pertama, pasti kita sudah mengenal gula pasir, gula yang sudah umum kita gunakan sehari-hari. Gula pasir sendiri berbahan dasar, tebu, nira, aren, dan juga kelapa sebagai bahan utamanya. Tetapi salah satu yang paling umum adalah sari tebu yang kemudian dikristalkan sehingga menjadi butiran seperti pasir.

 

Gula Batu

Yang kedua ada gula batu. Sesuai dengan namanya gula ini berbentuk seperti batu Kristal yang memiliki ukuran sedang. Gula batu terbuat dari larutan air tebu yang kemudian direbus bersama air. Tekstur gula batu ini keras, dan dibandingkan dengan gula pasir yang mudah larut, gula batu tidak telalu mudah larut didalam air.

Baca juga: Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

Brown Sugar

Pada list selanjutnya ada brown sugar atau gula cokelat. Gula ini terbuat dari gula pasir yang dicampurkan dengan sari tebu atau molase berwarna cokelat dengan tekstur yang kental. Brown sugar memiliki aroma caramel yang khas. Dikarekanan aromanya, brown sugar sering digunakan sebagai campuran untuk membuat roti dan kue selain pada makanan, brown sugar juga dapat ditambahkan kedalam teh atau kopi.

 

Gula Merah

Gula yang satu ini merupakan salah satu gula tradisional yang sudah sering kita temukan dimana-mana. Berbeda dengan gula pasir yang terbuat dari tebu, gula merah terbuat dari air nira atau air buah aren yang kemudian direbus sehingga berubah menjadi kecoklatan. Tekstur gula ini agak keras, dan biasanya menjadi campuran bolu kukus, dodol, lopis, dll.

 

List-list diatas adalah beberapa jenis gula yang sudah tidak asing dengan kita.

Baca juga: Beberapa Jenis-Jenis Beras Yang Ada di Dunia