4 Jenis Susu dan Perbedaannya
siMark.id | 14 Oct 2022 13:00

Bagikan ke

Simark.id - Susu merupakan salah satu minuman yang sudah diminum oleh banyak masyarakat Indonesia dari balita hingga dewasa. Semakin kesini semakin banyak produk susu mengeluarkan rasa yang sebelumnya belum ada, seperti ada rasa caramel, rasa kurma, rasa taro, dan masih banyak lagi. Namun susu tidak hanya memiliki satu jenis saja, ada beberapa jenis susu dan memiliki perbedaan masing-masing. Berikut empat jenis susu yang sudah sering kita dengar.

Baca juga: Beberapa Jenis-Jenis Beras Yang Ada di Dunia

Susu Pasteurisasi

Salah satu susu yang sudah sering kita dengar adalah susu pasteurisasi. Pasteurisasi merupakan metode sterilisasi yang berfungsi untuk membunuh kuman dan juga bakteri pada susu. Proses pasteurisasi adalah dengan cara memanaskan susu dengan suhu tertentu dan juga dalam jangka waktu tertentu.

 

Susu UHT

Berikutnya ada susu UHT. UHT merupakan singkatan dari ultra high temperature, merupakan susu segar yang sudah melalu tahap pemrosesan secara termal menggunakan suhu 135-145 derajat celsius dalam jangka waktu 1-8 detik. Ini merupakan pengolahan susu segar yang kompleks sehingga aman untuk dikonsumsi. Banyak susu UHT yang beredar di pasaran dan juga mempunyai rasa yang bervariasi.

Baca juga: Manfaat Meminum Kopi Bagi Tubuh

Susu Skim

Susu skim adalah jenis susu yang dibuat dengan cara menghilangkan lemak susu dari susu murni. Sehingga kandungan lemak yang terkandung dalam susu skim hanya kisaran 0,1%. Beberapa manfaat dari meminum susu skim adalah dapat menurunkan berat badan, lalu yang kedua dapat menjaga massa otot, lalu dapat menjaga kepadatan tulang, dan yang terakhir memenuhi kebutuhan protein.

 

Susu Segar

Susu segar merupakan susu yang dihasilkan dari hewan yang menyusui seperti unta, sapi, kambing. Sementara untuk susu kedelai dan susu almond hanya diambil sari-sarinya yang kemudian akan dikombinasikan dengan susu. Meski susu segar menyehatkan, namun cukup berbahaya dikarenakan susu segar masih menyimpan bakteri dari hewan tersebut.

 

Itu dia beberapa jenis susu yang sudah tidak asing bagi kita.

Baca juga: Minuman Khas Indonesia Yang Menyegarkan