Beberapa Jenis-Jenis Beras Yang Ada di Dunia
siMark.id | 13 Oct 2022 11:00

Bagikan ke

Simark.id - Beras merupakan salah satu bahan yang terdapat didalam sembilan bahan pokok. Beras tidak hanya menjadi makanan pokok yang di konsumsi masyarakat Indonesia, banyak negara yang menjadikan beras sebagai makanan pokoknya. Namun beras memiliki beragam jenis, tidak hanya beras putih saja. Berikut beberapa jenis beras yang ada di dunia

Baca juga: 4 Makanan Khas dari Cirebon yang Berusia Puluhan Tahun

Beras Putih

Ini merupakan jenis beras yang paling umum kita jumpai. Jenis beras putih ini yang paling umum dikonsumsi dikawasan Asia. Termasuk Indonesia. Jenis beras ini salah beras yang paling mudah diolah. Beras putih memiliki manfaat diantaranya adalah mengurangi gangguan pencernaan.

 

Beras Merah

Selain beras putih ada juga beras merah. Beras ini memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan beras putih. Tidak semua orang menyukai beras merah dikarenakan terksturnya tersebut, namun walaupun begitu, beras merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah menjaga jumlah zat besi dalam tubuh.

 

Beras Melati

Beras ini memiliki aroma yang harum dibandingkan dengan beras-beras sebelumnya. Beras ini memiliki kandungan amilopektin yang lebih tinggi, sehingga teksturnya yang agak lengket dan agak empuk ketika sudah dimasak. Beras melati memiliki manfaat yaitu dengan kandungan asam amino yang ada didalam kandungan beras melati dapat mengurangi rasa sakit pada otot.

Baca juga: 4 Jenis Daging Sapi Beserta Kegunaannya Dalam Memasak

Beras Basmati

Beras basmati adalah jenis beras yang berasal dari India. Beras ini memiliki bentuk bulir yang panjang tekstur yang kering, terpisah, dan bau aromatik ketika dimasak. Jenis beras ini memiliki manfaat yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan karena memiliki serat yang tinggi.

 

Beras Hitam

Jenis beras ini bisa disebut juga beras hitam China, merupakan beras berbiji panjang yang sewaktu dimasak akan berubah menjadi ungu. Selain itu beras hitam ini dapat dibuat menjadi ketan hitam. Cara untuk membuat beras hitam menjadi ketan hitam sama prosesnya seperti pembuatan ketan putih. Kandungan antioksidan dan juga zat inflamasi dalam beras ini lebih tinggi dibandingkan dengan beras yang lain.

 

List-list diatas merupakan beberapa jenis beras yang ada di dunia. Kalian pernah coba yang mana.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Kelebihan Bahan Makanan dengan Benar