Manfaat Meminum Kopi Bagi Tubuh
siMark.id | 12 Oct 2022 10:00

Bagikan ke

Simark.id - Tidak sedikit masyarakat Indonesia memulai pagi dengan meminum kopi. Namun masih banyak juga yang belum mengetahui manfaat meminum kopi. Kopi memiliki beberapa manfaat jika kita meminumnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari meminum kopi bagi tubuh kita.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian

Meningkatkan Energi

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang meminum kopi pada pagi hari adalah, karena kopi dapat meningkatkan energi. Didalam kopi terdapat kandungan kafein, yaitu zat psikoaktif yang sudah umum dikonsumsi. Setelah seseorang meminum kopi, maka kafein tersebut akan diserap kedalam aliran darah. Dengan meminum kopi juga dapat meningkatkan fungsi otak, suasana hati, energy, dan kewaspadaan.

 

Menurunkan Berat Badan

Dengan meminum kopi yang mengandung kafein, dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Dikarenakan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi bisa meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh dan juga dapat mempercepat pembakaran lemak. Sehingga penurunan berat badan dapat dilakukan lebih cepat.

Baca juga: Minum Air Putih Agar Tubuh Tetap Sehat

Melindungi Hati

Fungsi hati sangatlah penting, yaitu menghancurkan racun yang terdapat didalam darah, hingga membantu proses pencernaan. Bila kondisi hati memburuk, maka berbagai kondisi buruk akan muncul. Salah satu hal yang dapat terjadi adalah sirosis. Kopi dapat melindungi agar hati tidak terkena sirosis.

 

Mencegah Penyakit Otak

Kafein yang berada dalam kopi, mempunyai banyak efek positif pada otak yaitu membantu konsentrasi, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi resiko depresi. Dengan mengkonsumsi kopi juga dapat mencegah penurunan fungsi otak, penyakit Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

 

Meski kopi memiliki sejumlah manfaat, namun tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dan ketika meminum kopi, sebisa mungkin untuk tidak menambahkan pemanis buatan atau gula tambahan. Namun jika tidak bisa meminum kopi, bisa mencari alternatif minuman lain.

Baca juga: 5 Rekomendasi Minuman Terenak di Dunia yang Bisa Dicoba