4 Jenis Minyak dan Perbedaannya
siMark.id | 14 Oct 2022 10:00

Bagikan ke

Simark.id - Ketika sudah mendengar kata minyak, yang terbesit dipikiran adalah kegiatan masak memasak. Minyak tidak hanya memiliki satu jenis saja, ada beberapa minyak yang ada di pasaran yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ada minyak yang memang berfungsi untuk menggoreng, namun ada juga minyak yang memiliki fungsi tidak untuk menggoreng. Berikut adalah empat jenis minyak dan perbedaannya.

Baca juga: Beberapa Jenis Gula Yang Kita Kenal

Minyak Kelapa

Pada list yang pertama ada minyak kelapa, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit adalah dua minyak yang berbeda. Minyak kelapa murni diambil dari kelapa yang segar dan diambil minyaknya. Lebih tepatnya minyak kelapa dibuat dari ekstrak daging buah kelapa. Minyak kelapa ini memiliki manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Minyak kelapa cocok digunakan untuk memanggang makanan karena memiliki tekstur yang creamy.

 

Minyak Kelapa Sawit

Jika barusan kita membahas minyak kelapa, sekarang kita akan membahas minyak kelapa sawit. Minyak ini berasal dari pohon kelapa sawit, dan juga minyak ini yang paling sering digunakan untuk kegiatan masak-memasak. Biasanya kegiatan goreng-menggoreng menggunakan minyak dari kelapa sawit ini.

Baca juga: Jenis-Jenis Tepung Yang Sering Digunakan

Minyak Zaitun

Di list selanjutnya ada minyak zaitun, atau bisa juga disebut olive oil. Sesuai namanya, minyak ini dibuat dari minyak zaitun. Minyak zaitun tidak cocok digunakan untuk menggoreng-goreng seperti minyak kelapa sawit dikarenakan jika minyak zaitun dipanaskan akan mengeluarkan asap dan terbakar bila dipanaskan dengan suhu tinggi. Sehingga banyak orang yang menggunakan minyak zaitun hanya untuk menumis sayur dan sebagai tambahan dalam salad.

 

Minyak Wijen

Minyak wijen merupakan minyak yang masuk kedalam jenis minyak nabati. Minyak wijen sendiri diperoleh dari ekstrak biji wijen. Minyak wijen dibagi menjadi dua, ada minyak wijen yang diperoleh dari wijen mentah, ada juga yang diperoleh dari wijen yang sudah disangrai. Minyak wijen memiliki aroma yang khas, dan memiliki rasa yang kuat, sehingga minyak ini biasanya digunakan untuk menumis agar masakan memiliki aroma yang lebih wangi.

 

Itu dia empat jenis minyak yang dapat kita jumpai sehari-hari.

Baca juga: Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih