Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih
siMark.id | 13 Oct 2022 12:00

Bagikan ke

Simark.id - Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia karena nasi merupakan sumber karbohidrat yang dikonsumsi setiap hari. Namun sumber karbohidrat tidak hanya berasal dari nasi saja, ada beberapa makanan pengganti nasi yang juga merupakan sumber karbohidrat, dan juga makanan pengganti ini tidak kalah bergizi dengan nasi. Berikut adalah beberapa sumber karbohidrat pengganti nasi.

Baca juga: 5 Makanan ini Merupakan Sumber Protein Diluar Telur

Jagung

Salah satu pengganti nasi yang pertama adalah jagung. Jagung bukanlah makanan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Tidak jarang juga masyarakat Indonesia mengonsumsi jagung sebagai makanan sehari-hari. Jagung memiliki memiliki kandungan magnesium, serat, fosfor, dan juga vitamin c yang baik untuk tubuh.

 

Singkong

Selanjutnya ada singkong, singkong juga merupakan salah satu makanan pengganti nasi. Singkong merupakan makanan yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman ini memiliki nutrisi yang juga baik bagi tubuh seperti serat,protein, vitamin B, vitamin C, dan zat besi. Singkong memiliki zat glikosida sianogen yang dapat berubah menjadi sianida didalam tubuh. Karena itulah singkong harus dibersihkan dengan baik dan benar lalu dimasak hingga matang agar mencegah keracunan.

Baca juga: 5 Olahan Telur di Dunia yang Bisa Kamu Coba

Kentang

Di list berikutnya ada kentang. Tentu kita tidak asing dengan makanan yang satu ini, karena banyak sekali olahan kentang yang kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Selain memiliki karbohidrat, kentang juga memiliki nutrisi penting seperti serat, protein, zat besi, vitamin B6, kalium, vitamin C. Dikarenakan kentang disebut sebagai sumber serat yang baik, sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama.

 

Ubi Jalar

Lalu ada ubi jalar, makanan ini dapat diolah dengan berbagai cara seperti digoreng, direbus, dikukus, dan bisa juga dicampurkan dengan bahan makanan lain. Makanan ini mengandung vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium. Dengan kandungan nutrisi tersebut ubi jalar dapat bermanfaat untuk mengurangi kolestrol jahat.

 

Selain sumber karbohidrat diatas, masih ada beberapa sumber karbohidrat lain yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi yaitu, nasi merah, gandum, dll.

Baca juga: 5 Tips Menyimpan Bumbu Kering dengan Baik