Jenis-Jenis Tepung Yang Sering Digunakan
siMark.id | 13 Oct 2022 15:00

Bagikan ke

Simark.id - Bagi orang-orang yang suka memasak, pasti tidak asing dengan salah satu bahan ini, yaitu tepung. Tepung merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk memasak berbagai macam makanan. Namun masih banyak orang-orang yang belum mengetahui dengan benar macam-macam tepung beserta dengan kegunaannya. Berikut macam-macam tepung yang biasa digunakan sehari-hari.

Baca juga: Beberapa Jenis-Jenis Beras Yang Ada di Dunia

Tepung Tapioka

Salah satu jenis tepung yang sering digunakan untuk keseharian adalah tepung tapioka. Tepung ini terbuat dari pati singkong, dan memiliki warna yang bening dan bertekstur kental jika dipanaskan. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat campuran pada baso, pempek, cilok, dan cimol dan juga bisa digunakan sebagai pengental pada tumisan.

 

Tepung Terigu

Tepung yang satu ini pastinya sudah tidak asing ditelinga kita. Tepung terigu merupakan tepung yang terbuat dari biji gandum murni. Tepung terigu memiliki tekstur yang halus, dan juga tingkat elastisitas yang tinggi. Ada beberapa kelompok tepung terigu, yaitu yang protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.

Baca juga: Sumber Karbohidrat Pengganti Nasi Putih

Tepung Roti

Di list selanjutnya ada tepung roti atau biasa juga disebut tepung panir. Sesuai dengan namanya tepung roti, tepung ini terbuat dari roti tawar yang sudah dikeringkan, setelah itu ditumbuk. Tepung ini memiliki tekstur yang kasar dan juga memiliki dua warna yaitu putih dan oranye. Tepung roti biasa digunakan sebagai lapisan terluar pada gorengan, seperti chicken katsu, dan risoles.

 

Tepung Beras

Jika tepung roti berasal dari roti yang ditumbuk, maka tepung beras berasal dari beras yang ditumbuk. Tepung beras memiliki tekstur yang lebih halus daripada tepung ketan. Tepung beras biasanya digunakan untuk pembuatan kue tradisional seperti serabu, dan nagasari.

 

Beberapa list diatas merupakan beberapa jenis beras yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: 4 Jenis Daging Sapi Beserta Kegunaannya Dalam Memasak