Mengenal Lebih Dalam Mengenai Cerutu
siMark.id | 12 Oct 2022 12:00

Bagikan ke

Simark.id - Siapa yang tidak tau cerutu, salah satu produk yang bisa dibilang mirip dengan rokok, namun memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki tata cara untuk menikmatinya. Cerutu adalah gulungan utuh berisi daun tembakau yang sudah di keringkan dan juga sudah di fermentasikan. Cerutu sendiri memiliki isi yang lebih padat daripada rokok biasa, dan juga harganya lebih mahal. Cara mengonsumsi cerutu pun tidak bisa sembarangan, tidak semudah ketika membakar rokok biasa.

Baca juga: Penggunaan Vape Pada Kalangan Remaja

Meski merupakan hasil pengolahan tembakau seperti rokok biasa, namun cerutu memiliki banyak perbedaan jika dibandingkan dengan rokok biasa. Perbedaannya seperti, pemilihan bahan baku, pembuatan, struktur, dan kadar zat yang terkandung didalam cerutu.

 

Bahan Baku Cerutu

Jika menelusuri lebih dalam lagi, bahan baku yang digunakan dalam cerutu adalah lembaran daun tembakau yang dibelah dan juga di fermentasi. Selain memiliki perbedaan isiannya, pembungkus cerutu juga berbeda dengan rokok biasa, pembungkus cerutu menggunakan daun tembakau.

 

Pembuatan Cerutu

Setelah dipanen, daun tembakau kemudian akan dikeringkan. Lalu baru setelah itu daun tersebut di fermentasikan dan disortir menjadi daun pembungkus dan juga daun isian. Jika daun sudah lolos quality control setelah itu akan dibelah, untuk dipisahkan dengan batangnya. Baru setelah itu daun akan dikelompokkan menjadi potongan kanan dan potongan kiri. Daun tersebut dikelompokkan agar ketika dilinting hasilnya rapi.

Setelah itu daun tersebut dimasukkan kedalam kotak kayu selama satu hingga dua tahun, sampai menua. Jika sudah siap daun akan disortir berdasarkan ukurannya. Jika sudah batang cerutu akan diberi label dan dibungkus.

Baca juga: Vape Sebagai Alternatif untuk Mengurangi Kecanduan Rokok

Struktur Cerutu

Didalam cerutu ada beberapa struktur seperti, filler, binder, wrapper. Filler adalah isian dari cerutu tersebut, sementara binder adalah yang berfungsi untuk mengikat isian cerutu agar tidak lepas, sementara wrapper adalah pembungkus cerutu itu sendiri. Ketika komponen tersebut berbahan dasar daun tembakau.

Ketika cerutu sudah dibungkus, cerutu memiliki dua ujung. Yang bagian agak cembung itu bisa disebut cap, itu adalah tempat untuk menghisap asap. Sementara untuk bagian yang datar disebut foot, yaitu tempat daun akan dibakar. Bagian tengahnya bisa disebut body.

 

Kadar Zat Yang Terkandung Dalam Cerutu

Zat yang terkandung didalam cerutu kurang lebih sama dengan yang terkandung didalam rokok biasa, karena sama-sama menggunakan daun tembakau, maka tentu memiliki kandungan nikotin dan menghasilkan tar ketika dibakar.

 

Diatas adalah beberapa hal yang dapat kita ketahui mengenai cerutu. Apa kalian pernah mencoba cerutu.

Baca juga: Mengenal Liquid Yang di Gunakan Pada Rokok Elektrik