Penggunaan Vape Pada Kalangan Remaja
siMark.id | 11 Oct 2022 14:00

Bagikan ke

Simark.id - Vape adalah sebuah varian lain dari rokok, bedanya adalah vape merupakan rokok elektrik. Pada awalnya vape dibuat untuk membantu perokok aktif untuk mengurangi rokok, sehingga dapat beralih ke vape. Vape memiliki beberapa jenis yaitu ada, pod, mod, dan boxmod. Vape memiliki beberapa komponen seperti cartridge, batrai, dan elemen panas, untuk menguapkan cairan liquid.

Baca juga: Vape Sebagai Alternatif untuk Mengurangi Kecanduan Rokok

Semakin kesini vape di Indonesia juga semakin berkembang, dan juga semakin banyak variannya. Dilihat dari semakin banyaknya vapestore yang buka, yang menjual beragam produk vape dan juga liquid. Peminat vape di Indonesia pun juga semakin berkembang, bukan hanya kalangan orang dewasa, namun juga pada kalangan remaja. Ada beberapa Faktor yang menyebabkan peminat vape semakin banyak.

 

Vape banyak digunakan oleh remaja, karena vape menawarkan banyak jenis produk, dan juga memiliki bentuk yang menarik. Semakin kesini banyak vape yang memiliki harga terjangkau, sehingga menarik minat remaja untuk membelinya, ditambah liquidnya yang banyak memiliki varian rasa, mulai dari rasa buah, hingga rasa seperti caramel, susu, dan sereal. Ditambah lagi dengan uap yang dihasilkan oleh vape juga mengeluarkan aroma berdasarkan liquid yang digunakan, jika menggunakan liquid rasa leci, maka uap yang dihasilkan juga memiliki bau leci.

Baca juga: 4 Geopark yang Bisa Dikunjungi di Sumatera Barat

Selain karena produknya yang menarik, faktor lain mengapa banyak remaja yang menggunakan vape adalah, dikarenakan lingkungan. Dikarenakan rasa penasaran yang tinggi membuat remaja ingin mencobanya, dan dikarenakan rasanya yang beragam membuat remaja, ingin membelinya. Ditambah dengan awalnya hanya mencoba-coba saja, namun karena menurut mereka rasanya enak, akhirnya memutuskan untuk membeli juga.

 

Dengan maraknya penggunaan vape pada remaja, ada baiknya untuk tetap mengawasi anak dibawah umur agar tidak ikut-ikutan menggunakan vape. Dikarenakan mereka masih belum cukup umur untuk memiliki vape. Dan juga walaupun vape diklaim lebih aman dibanding rokok, ada baiknya untuk tetap tidak terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Untuk yang tidak merokok konvensional maupun vape, lebih baik untuk tetap seperti itu, karena walaupun vape lebih aman dibandingkan rokok konvensional, namun tetap saja vape memiliki resiko nya sendiri.

Baca juga: Apa Saja Peralatan Sekolah yang diperlukan Siswa