Simark.id - Search engine marketing merupakan sebuah strategi berbayar dimana tujuan dari strategi ini untuk meningkatkan visibilitas website pada pencarian.
Search engine marketing saat ini bisa ditemui di banyak sekali mesin pencari seperti google, bing ataupun yandex.
Pengoptimalan sebuah website dengan menggunakan metode search engine marketing saat ini terbilang paling efektif sekali. Dan berikut beberapa manfaat penggunaan search engine marketing:
Baca juga: 4 Tips Sukses menjadi Seorang Vlogger
Hasil lebih cepat daripada SEO
Hasil dari SEM cenderung lebih cepat dibandingkan SEO.
Sebab, setelah Anda merilis iklan berbayar Anda, website Anda langsung tampil di halaman pencarian Google.
Tak hanya itu, Anda bebas memperpanjang penayangan iklan Anda di halaman pertama.
Anda pun bebas menghentikan iklan berbayar Anda kapan saja.
Nah, berbeda jika Anda menggunakan SEO.
Konten website Anda tak bisa langsung muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Anda perlu waktu agar strategi SEO yang Anda terapkan berhasil.
Tidak perlu biaya banyak
Salah satu manfaat Search Engine Marketing adalah Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan Anda keluarkan lho.
Mulai dari ratusan ribu rupiah, jutaan, hingga puluhan juta.
Biaya kampanye SEM jelas lebih murah jika dibandingkan dengan metode iklan offline.
Misalnya seperti memasang billboard yang mencapai puluhan hingga ratusan juta.
Apalagi, biaya SEM masih bisa diminimalisir melalui sejumlah strategi.
Misalnya dengan menargetkan banyak kata kunci yang relevan, melakukan perencanaan budget kampanye SEM, dan evaluasi keyword yang efektif.
Bisa menentukan target audiens
Anda bisa menentukan target secara spesifik dengan SEM. Caranya dengan menentukan karakteristik target di Google Ads. Anda bisa menentukan target berdasar lokasi, usia, gender, bahkan jadwal.
Dengan menarget audiens yang spesifik, iklan Anda akan mendapat trafik pelanggan yang sesuai sasaran Anda. Jadi, iklan Anda akan lebih efektif meningkatkan penjualan.
Hal itu tidak bisa Anda lakukan jika menggunakan SEO. Website Anda baru akan diklik oleh target audiens ketika konten Anda sesuai dengan search intent mereka.
Berpotensi meningkatkan convertion rate
Search Engine Marketing biasa digunakan untuk meningkatkan conversion rate di website. Caranya dengan membidik keyword dengan search intent pembelian.
Sebagai contoh, Anda mengiklankan bisnis sepatu grosir. Anda beriklan lewat keyword “jual sepatu murah”.
Saat ada calon pelanggan yang ingin membeli sepatu dan mengetikkan kata kunci tersebut, website Anda akan muncul di halaman pertama sebagai iklan.
Itu dia empat manfaat penggunaan search engine marketing.
Baca juga: 4 Tips Melakukan Optimasi SEO pada Media Sosial Instagram