4 Tips Melakukan Optimasi SEO pada Media Sosial Instagram
siMark.id | 29 Sep 2022 10:00

Bagikan ke

Simark.id - Ternyata optimasi SEO tidak hanya ditujukan buat mengoptimasi website di google saja, karena nyatanya optimasi SEO ini bisa dilakukan di media sosial terutama instagram.

Melakukan optimasi SEO di instagram tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan pada website, tetapi memang lebih ringkas sehingga siapa saja bisa melakukannya.

Berikut beberapa cara optimasi SEO melalui media sosial instagram:

Baca juga: 4 Skill yang Wajib Dikuasai oleh Content Writer

Masukkan kata kunci utama ke usename dan display name

Instagram SEO memudahkan followers mencari profil Instagram Anda berdasar kata kunci yang mereka cari. Saat mereka mengetikkan kata kunci, Instagram search engine langsung menampilkan profil dan konten yang memuat kata kunci itu.

Agar profil Anda muncul di kata kunci yang relevan dengan bisnis, masukkan kata kunci utama ke username dan display name Anda. Sebagai contoh, Anda berbisnis sepatu sandal. Gunakan kata kunci “sepatu sandal” pada username atau display name.

Maksimalkan Alt text

Layaknya optimasi gambar pada SEO website, Anda juga bisa melakukan optimasi gambar menggunakan alt text di Instagram lho. 

Alt text Instagram dapat membantu algoritma Instagram memunculkan foto Anda ke followers yang menyukai tipe konten tersebut. Sebab, alt text mendeskripsikan konten gambar Anda. 

Selain itu, alt text Instagram memudahkan mesin pencarian Google menemukan konten Anda. Caranya, Anda perlu menyisipkan keyword dengan volume pencarian tinggi di Google dalam alt text Anda. 

Baca juga: 4 Jenis Content Writer yang Ada Dalam Bisnis

Gunakan kata kunci pada hashtag

Anda juga bisa menggunakan hashtag dalam bentuk kata kunci utama yang masih relevan dengan bisnis Anda. Hashtag akan membantu konten Anda lebih mudah ditemukan oleh followers Anda di Instagram search engine.

Sebagai contoh, saya memposting konten tentang makanan di Semarang di Instagram. Agar lebih mudah ditemukan followers, saya menggunakan hashtag #kulinersemarang, #kulinersemarangenak dan #kulinersemarangrecommended

Perhatikan instagram insight

Setelah melakukan langkah optimasi di atas, Anda bisa menggunakan Instagram analytics yang bernama Insight. Tujuannya untuk melihat performa setiap konten yang Anda buat. Mulai dari konten di feed hingga Instagram Story.

Melalui Insights, Anda bisa melakukan evaluasi konten melalui beberapa metriks. Setiap metriks memiliki fungsinya masing-masing dan cara untuk memaksimalkannya.

Itu dia empat cara mengoptimasi SEO pada media sosial instagram.

Baca juga: 4 Tugas Seorang Content Writer dalam Perusahaan