4 Metrik Digital Marketing yang Sering Digunakan
siMark.id | 29 Sep 2022 13:00

Bagikan ke

Simark.id - Digital marketing metric merupakan sebuah kumpulan nilai yang digunakan untuk mengukur dan melacak kesuksesan pemasaran dengan metode digital marketing.

Pengukuran ini biasanya menggunakan tools seperti google analytics dan hasil dari google analytics ini yang akhirnya digunakan sebagai tolok ukur penilaian apakah metode digital marketing sudah berhasil apa belum.

Berikut beberapa metrik dalam digital marketing:

Baca juga: 4 Manfaat Menguasai SEO dalam Promosi Bisnis

Pageviews per session

Pageviews per session adalah jumlah rata-rata halaman yang dilihat visitor dalam satu sesi kunjungan. 

Metrik ini dihitung ketika seseorang berkunjung ke halaman situs Anda dan tidak langsung keluar, melainkan masuk ke halaman-halaman lain di website Anda. 

Nah, semakin banyak halaman yang dikunjungi dalam sekali akses, maka semakin tinggi juga angka pageviews per session.

Jika angka metrik ini tinggi, artinya pengunjung tertarik dan membutuhkan konten di situs Anda. 

Impression

Impression adalah metrik untuk mengukur total orang yang melihat konten Anda (viewers).

Dalam pengertian digital marketing, metrik ini dapat ditemukan dalam semua channel marketing, seperti Facebook Ads, Google AdSense , Instagram Ads, dan website.

Dengan impressions, Anda akan mengetahui berapa kali halaman dari hasil penelusuran Google dilihat pengguna.

Baca juga: 4 Jenis Digital Marketing yang Bisa Kamu Kuasai

Engagement rate

Engagement rate adalah metrik untuk mengukur seberapa aktif visitor dengan konten yang Anda buat. Metrik ini bisa diterapkan untuk berbagai platform digital marketing. Misalnya, media sosial.

Engagement mengukur interaksi yang dilakukan oleh audiens terhadap bisnis Anda. 

Sebagai contoh, kalau di media sosial,  engagement rate akan mengukur metric berupa likes, comment, share, bukan jumlah followers saja.

Average time on page

Time on Page adalah metric yang menunjukkan lamanya visitor berada di sebuah halaman website. Lalu, bagaimana metric ini bisa berkaitan dengan engagement? 

Ketika Anda membuat sebuah konten blog dan audiens membaca konten tersebut sampai habis, hal itu menunjukkan sebuah engagement yang tinggi.

Nah, engagement sebuah halaman bisa dihitung dari rata-rata waktu kunjungan per halaman dari setiap pengunjung atau average time on page. Untungnya, Anda tak perlu melakukan perhitungan sendiri.  Anda dapat melihat laporan detail di tool Google Analytics

Itu dia empat metrik digital marketing yang sering digunakan.

Baca juga: 4 Manfaat Digital Marketing bagi Kemajuan Bisnis