Simark.id - Menguasai skill digital marketing memang sudah menjadi hal wajib di era digital saat ini.
Digital marketing selalu berkembang dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan teknologi saat ini juga.
Ada banyak jenis digital marketing saat ini yang bisa kamu kuasai salah satunya.
Berikut beberapa diantaranya:
Baca juga: 4 Tips Sukses Membangun Brand secara Online
Content marketing
Salah satu jenis digital marketing yang cukup ampuh adalah content marketing. Content marketing adalah upaya menghasilkan dan mendistribusikan konten yang mampu memikat target pasar dan mengubah mereka menjadi pelanggan.
Jadi bukan konten asal, content marketing mengajak Anda merancang konten dengan prinsip: penting, relevan, dan konsisten. Sehingga, konten akan relevan bagi bisnis, menjawab kebutuhan target audiens, serta diproduksi secara konsisten.
Oh ya, konten ini tidak terbatas pada artikel atau video saja ya, melainkan juga copywriting pada iklan.
Email marketing
Jika Anda ingin menjalankan taktik digital marketing secara personal, email marketing adalah pilihan tepat. Sesuai namanya, email marketing adalah pemasaran digital melalui email.
Selain praktis, manfaat email marketing juga banyak:
- Biaya yang dikeluarkan kecil tetapi hasilnya maksimal;
- Jangkauan luas;
- Email mampu menyampaikan pesan perusahaan secara efektif;
- Mudah menjangkau konsumen lewat berbagai perangkat berbeda.
Pay per Clik
Pay Per Clik (PPC) adalah strategi marketing di mana pebisnis hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik atau direspons audiens.
Kelebihan PPC antara lain:
- Dapat mengatur target audiens;
- Hasil lebih cepat;
- Dapat disesuaikan dengan anggaran Anda;
- Algoritma tidak mempengaruhi PPC;
- Target audiens sulit membedakan PPC dengan organik.
Lain dengan SEM, penggunaan PPC lebih umum. Bukan hanya untuk mesin pencarian saja, PPC juga hadir dalam bentuk iklan apapun yang bisa diklik. Semisal Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, dll.
Video marketing
Mungkin video marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang paling populer. Faktanya, 89% pelaku marketing setuju teknik promosi lewat video cukup berdampak pada ROI perusahaan (Wyzowl, 2020).
Bukan tanpa alasan, ini dia kelebihan video marketing:
- Video meningkatkan pemahaman konsumen akan produk Anda;
- Meningkatkan conversion;
- Video menjadi tren terkini;
- Pelanggan lebih suka membagikan video;
- Video adalah masa depan marketing.
Itu dia empat jenis digital marketing yang bisa kamu kuasai diera teknologi saat ini.
Baca juga: 4 Manfaat Melakukan Digital Branding untuk Bisnis Online