4 Manfaat Menguasai SEO dalam Promosi Bisnis
siMark.id | 27 Sep 2022 17:00

Bagikan ke

Simark.id - Orang banyak mengira menguasai SEO agar website bisa mendapatkan ranking tertinggi, padahal itu hanya sebatas pada kulit saja.

Menguasai SEO adalah menguasai banyak aspek yang berkaitan dengan optimize website sehingga website tetap terdepan.

Bagi pegiat bisnis online, menguasai SEO sudah menjadi hal yang wajib dikuasai. Dan ini beberapa manfaat nyata bila kita menguasai SEO dalam bisnis:

Baca juga: 4 Macam Copywriter dalam Dunia Bisnis Online

Sebagai investasi jangka panjang

Search engine optimization adalah investasi jangka panjang. Sebab, SEO Google mampu memperbesar kesempatan bisnis. Apalagi, hasil pencarian yang relevan bisa mempengaruhi 39% keputusan calon pembeli. Dengan membangun traffic secara alami, posisi situs di Google lebih kuat dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Lain halnya dengan PPC atau Pay per Click yang jika Anda berhenti membayar, traffic langsung terjun bebas ke 0. Pasalnya, situs Anda akan segera tersingkir dari ranking atas.

Membangun Top of Mind brand

Top-of-mind brand adalah brand yang pelanggan ingat pertama kali saat memikirkan kategori produk. Misalnya, kalau ngomongin air mineral, sebagian besar orang akan menyebut Aqua.

Nah ternyata, top-of-mind brand ini bisa Anda bangun lewat SEO, lho.

Seperti yang Anda tahu, SEO adalah investasi jangka panjang. Saat web Anda sudah berhasil menguasai halaman pertama Google, situs Anda akan memiliki akar yang lebih kuat sehingga tidak mudah tergeser.

Baca juga: 4 Manfaat Penggunaan Website Dalam Dunia Usaha

Memudahkan audiens menemukan website

SEO adalah strategi jitu untuk memudahkan target audiens menemukan website Anda. 

Alasannya, search engine optimization memungkinkan situs Anda nangkring di halaman pertama Google. Posisi ini jelas berpengaruh terhadap traffic. Mengingat, 75% orang malas scrolling ke halaman kedua dan seterusnya. Ibaratnya seperti membuka kulkas yang penuh berisi kaleng minuman. Pasti, Anda lebih memilih mengambil kaleng di barisan paling depan daripada repot-repot merogoh ke ujung rak, bukan?

Menjaring target audiens yang tepat

Tak hanya membantu audiens menemukan website, SEO Google juga memungkinkan Anda menjaring target audiens yang tepat.

Alasannya, Anda bisa membidik kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam menelusuri keyword tertentu. 

Itu dia empat manfaat bila kamu bisa menguasai SEO dengan baik.

Baca juga: 4 Skema yang Digunakan Dalam Menjalankan Carding