4 Tugas Seorang Content Writer dalam Perusahaan
siMark.id | 28 Sep 2022 11:00

Bagikan ke

Simark.id - Apakah kamu saat ini sering mencari sebuah informasi di internet?

Nah di dalam setiap artikel informasi ini ada seorang content writer yang bersusah payah dalam memberikan informasi.

Sebagai seorang content writer pastinya tidak mudah dalam melakukan riset dan mengolah informasi yang ada menjadi sebuah tulisan.

Berikut beberapa tugas dari seorang content writer:

Baca juga: 4 Manfaat Menguasai SEO dalam Promosi Bisnis

Menulis berbagai topik konten

Content writer harus dapat menulis berbagai topik sesuai kebutuhan, seperti kesehatan, teknologi, lifestyle, dan lainnya. 

Apapun topik yang ditulis, mereka harus dapat membuat konten yang informatif kepada pembaca. Hal itu karena tak jarang konten artikel dijadikan bahan rujukan pembaca. 

Selain itu, tak jarang content writer juga menulis untuk kebutuhan promosi. Sehingga, penulis profesional ini harus dapat mengemas tulisan yang persuasif dan dapat membuat pembaca merasa membutuhkan produk yang sedang ditawarkan.

Mempublikasikan konten

Tak jarang seorang content writer juga akan mempublikasikan konten ke platform yang digunakan, seperti blog. 

Umumnya, pada blog yang memiliki beberapa penulis, mereka memiliki akun dengan identitas masing-masing. Nantinya, artikel yang diterbitkan akan menyematkan nama mereka. Jadi, bisa sekaligus menjadi portofolio, bukan?

Kalau bertindak sebagai blogger independen, tentunya juga harus memposting artikel  blog sendiri.

Baca juga: 4 Jenis Digital Marketing yang Bisa Kamu Kuasai

Melakukan optimasi SEO

Karena tulisan content writer dipublikasikan secara online, tentunya artikel tersebut harus bisa muncul di mesin pencari. Tujuannya, supaya artikel mudah ditemukan dan dapat dibaca lebih banyak orang.

Nah, agar konten bisa bersaing di mesin pencarian, content writer perlu melakukan optimasi SEO. Caranya beragam, bisa dengan penggunaan keyword, susunan outline, hingga analisis kompetitor.

Menyunting

Utamanya, tugas mengedit tulisan adalah tanggung jawab editor. Namun, seorang content writer juga perlu melakukan self-editing agar artikel yang ditulis berkualitas. 

Tak hanya itu, self editing dapat mempercepat proses produksi sebuah konten. Dengan kesalahan penulisan yang minim, editor bisa memproses artikel untuk siap dipublikasikan lebih cepat. 

Itu dia empat tugas dari content writer.

Baca juga: 4 Manfaat Digital Marketing bagi Kemajuan Bisnis