Minum Air Putih Agar Tubuh Tetap Sehat
siMark.id | 06 Oct 2022 10:00

Bagikan ke

Simark.id - Seperti yang kita ketahui, bahwa meminum air putih sangat penting bagi tubuh kita. Karena itu kita setiap hari meminum air putih. Dengan meminum air putih, dapat menjaga tubuh kita agar tidak dehidrasi. Sehari-hari kita dianjurkan untuk meminum hingga sekitar 2 liter air per hari. Namun masih banyak orang yang masih belum mengetahui manfaat meminum air putih, dan apa dampaknya jika kita sampai kekurangan air.

Baca juga: Nasi Goreng, Makanan Favorit Banyak Orang

Untuk beberapa kondisi tertentu membuat kita memerlukan asupan air putih yang lebih banyak daripada biasanya. Seperti ketika sedang berolah raga atau melakukan aktif secara fisik, itu membuat keringat yang ada pada tubuh kita keluar, sehingga jika kita tidak minum air, maka akan lebih cepat dehidrasi daripada ketika tidak melakukan aktifitas.

Lalu ketika diare, demam, dan muntah-muntah, karena cairan yang keluar dari tubuh kita banyak, maka cairan tersebut harus diganti, dengan cara kita meminum air putih sesuai anjuran. Agar tubuh kita tidak dehidrasi.

Ketika cuaca panas, itu membuat tubuh kita mengeluarkan keringat, sehingga cairan yang ada pada tubuh kita juga banyak keluar, dan membuat tubuh kita cepat dehidrasi juga, untuk mencegahnya adalah dengan meminum air putih, agar tubuh kita tetap terhidrasi.

Untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui, juga perlu meminum air lebih banyak dari pada biasanya, untuk wanita yang sedang hamil perlu mengkonsumsi air sekitar 2,3 liter air per hari, sedangkan untuk wanita yang menyusui disarankan mengkonsumsi air sebanyak 3,1 liter air per hari.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian

Apa saja manfaat yang didapatkan dengan mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan minum air, membuat tubuh menjadi lebih sehat, apabila asupan air mencukupi, dapat membantu agar pendistribusian nutrisi ke seluruh tubuh kita menjadi lancar. Selain itu juga dapat meringankan kerja hati dan ginjal, sehingga kita terhindar dari penyakit hati dan ginjal.

Meminum air juga dapat memperlancar pencernaan. Jadi minum air dapat membantu membuang racun dari hasil metabolisme. Sehingga kita terhindar dari penyakit yang menyerang pencernaan.

Meminum air juga dapat mencegah peningkatan berat badan. Karena air tidak memiliki kalori, tidak memiliki lemak, jadi jika meminum banyak air, tidak akan membuat kita bertambah berat badan, sebaliknya jika kita meminum air yang manis, atau berkalori, itu dapat menambah berat badan kita.

Baca juga: Nikmatnya Rendang sebagai Salah Satu Makanan Khas Indonesia