4 Geopark yang Bisa Dikunjungi di Sumatera Barat
siMark.id | 06 Oct 2022 11:30

Bagikan ke

Simark.id - Sumatera Barat ternyata memiliki kawasan geopark yang sudah sangat terkenal di seluruh penjuru Indonesia.

Alam yang tertata apik membuat nuansa wisata di Sumatera Barat menjadi dikenal luas.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa mengunjungi beberapa geopark berikut ini:

Baca juga: Menghemat Pengeluaran Pada Saat Liburan

Lembah Harau

Situs taman bumi lainnya yang bisa kamu temui di Sumatra Barat adalah yang terletak di dekat kota Payakumbuh. Namanya adalah Lembah Harau, atau yang biasa disebut sebagai Yosemite versi Indonesia. Lembah Harau sejatinya ngarai-ngarai yang berada di kaki bukit berbatu. Ngarai-ngarai itu menjulang dengan ketinggian 100-500 meter. Surga bagi pencinta alam dan olahraga panjat tebing.

Lembah Harau menjadi rumah dari sejumlah air terjun cantik seperti Sarasah Bunta, Sarasah Aka Barayun, Sarasah Talang, Sarasah Aie Luluih, maupun air terjun lainnya. Salah satu air terjunnya, bahkan memiliki tinggi 150 meter

Danau Tarusan Kamang

Nggak hanya menampilkan panorama alam yang menakjubkan, di Tanah Minang ini juga terdapat sebuah geopark yang memiliki fenomena alam yang unik, jarang sekali bisa ditemui di danau lain. Salah satunya berada di Danau Tarusan Kamang. 

Jika biasanya yang mengalami fenomena pasang surut adalah laut, di danau ini fenomena itu juga terjadi. Bukan hanya itu, bahkan ketika air surut danau ini akan menjelma menjadi lapangan berumput hijau. Menarik, bukan?

Baca juga: Berwisata di Labuan Bajo

Danau Singkarak

Danau Singkarak tercipta dari aktivitas lempeng bumi yang memiliki kedalaman hingga 268 meter. Inilah danau terlebar di Sumatra Barat dan danau terbesar kedua di Sumatra setelah Danau Toba. Memiliki luas 11.200 hektare, Danau Singkarak dijadikan sebagai sumber tenaga PLTA. 

Destinasi geopark yang satu ini juga terkenal berkat pemandangan yang memesona. Terdapat sebuah dermaga tempat perahu bersandar. Kamu bisa leluasa memandang panorama alam dari Puncak Gobah. Selain Puncak Gobah, kamu juga bisa melihat indahnya Danau Singkarak dari atas Puncak Thailand.

Ngarai Sianok

Pernahkan kamu melihat uang Rp2000 keluaran tahun 2016? Di bagian belakang uang tersebut tergambar seorang penari Tarian Piring dengan latar belakang sebuah panorama. Latar belakang di uang 2000-an tersebut adalah bentang alam Ngarai Sianok, dari Tanah Minang, Sumatra Barat. 

Ngarai Sianok sebuah lembah selebar 200 meter yang terbentang di antara dua tebing terjal dengan ketinggian 100 m dan 120 m dengan latar belakang Gunung Singgalang. Terletak di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, lembah ini dialiri sungai Batang Sianok dengan air yang jernih mengular sepanjang 15 km membentuk kawasan yang subur. 

Itu dia empat geopark yang bisa kamu kunjungi saat sedang berada di Sumatera Barat.

Baca juga: Candi Borobudur Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata