Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa dicoba
siMark.id | 06 Oct 2022 16:30

Bagikan ke

Simark.id - Setiap negara memiliki makanan khasnya masing-masing, bahkan ada juga yang memang terkenal sampai kedunia. Namun tidak selalu mengenai makanan, setiap negara pun memiliki minuman khasnya masing-masing yang bisa dicoba ketika berkunjung ke negara tersebut. Berikut adalah beberapa minuman khas yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian

Lao Lao (Laos)

Lao lao merupakan minuman khas yang berasal dari negara Laos. Minuman ini merupakan minuman yang cukup tidak biasa dikarenakan Lao lao adalah minuman beralkohol yang berasal dari hasil fermentasi beberapa binatang seperti ular, kalajengking, laba-laba.

 

Lahpet Yay (Myanmar)

Lahpet Yay adalah minuman khas dari negara Myanmar. Minuman ini berbahan dasar daun teh hitam yang kemudian difermentasi. Lalu setelah itu minuman ini diolah bersama dengan bawang putih yang sudah dicincang, cabai giling, garam, minyak kacang, dan juga jus lemon. Minuman ini merupakan minuman yang disajikan kepada tamu bagi masyarakat Myanmar.

 

Cha Phe Sua Da (Vietnam)

Minuman yang satu merupakah minuman khas yang berasal dari negara Vietnam. Seperti yang diketahui, bahwa Vietnam merupakan salah satu negara terbesar penghasil kopi terbesar di dunia. Salah satu olahan kopi tersebut adalah minuman ini. Kopi ini disajikan menggunakan susu kental manis dan juga es. Dengan perpaduan ini, menjadikan Cha Phe Sua Da menjadi segar untuk dinikmati.

 

Nanyang Coffee (Singapura)

Nanyang Coffee merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari negara Singapura. Kopi ini bisa dibilang special karena biji kopinya dipanggang menggunakan caramel dan juga mentega serta diseduh dengan menggunakan cara yang tradisional.

Baca juga: Nasi Goreng, Makanan Favorit Banyak Orang

Teh Tarik (Malaysia)

Siapa yang tidak mengenal teh tarik, minuman khas asal Malaysia. Minuman ini sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke beberapa negara sekitarnya. Minuman ini terkenal karena cara pembuatan minumannya yang menarik, yaitu dengan sesuai dengan namanya, ditarik hingga panjang.

 

Thai Tea (Thailand)

Seperti halnya dengan teh tarik dari Malaysia, thai tea juga merupakan minuman yang popular bahkan sampai ke negara lain. Thai tea adalah minuman khas dari Thailand yang terbuat dari the Ceylon, ditambah dengan gula dan susu. Thai tea dapat disajikan panas ataupun dingin.

 

Es Teler (Indonesia)

Sebagai orang Indonesia, kita pasti tau minuman yang satu ini, es teler. Es teler sering menjadi pilihan banyak orang untuk menyegarkan diri, ketika sudah memasuki musim panas. Es teler sendiri terdiri dari nangka, cincau, daging kelapa muda, alpukat, melon, dan buah-buahan lain, yang disajikan dengan santan, daun pandan, kental manis, gula, lalu semua itu dicampurkan dengan es serut, yang membuat es teler menjadi semakin segar.

 

Hal-hal diatas adalah beberapa minuman khas dari beberapa negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Jika kalian sedang berpergian ke negara-negara tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba minuman-minuman khas diatas

Baca juga: Pentingnya Menggosok Gigi untuk Kesehatan