Nikmatnya Rendang sebagai Salah Satu Makanan Khas Indonesia
siMark.id | 04 Oct 2022 16:00

Bagikan ke

Sebagai orang Indonesia, sudah pasti kita mengetahui makanan yang satu ini, yaitu Rendang. Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Rendang dihasilkan dari proses memasak dengan suhu rendah dalam waktu yang lama menggunakan berbagai rempah-rempah dan juga santan. Proses memasak rendang sampai berjam-jam hingga hanya tersisa potongan daging berwarna hitam pekat. Dengan waktu yang lama untuk memasak rendang sehingga membuat teksturnya menjadi empuk, dan beraroma rempah. Karena ini rendang memiliki cita rasa yang nikmat.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian

Karena dinilai lezat, pada tahun 2011 rendang dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam World's 50 Most Delicious Foods dalam CNN International. Tidak hanya pada tahun 2011 saja, pada 12 Juli 2017, rendang dinobatkan kembali sebagai peringkat pertama sebagai makanan terenak oleh CNN. Dan pada 09 April 2018 Kementrian Pariwisata RI memasukkan rendang menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia.

Rendang memiliki dua jenis, yaitu rendang basah, dan juga rendang kering. Untuk rendang kering sendiri proses memasaknya sampai berjam-jam sampai santan mongering dan bumbu-bumbunya meresap kedalam dagingnya. Sementara untuk rendang basah atau kalio proses nya memasaknya lebih singkat daripada rendang kering. Dan juga berbeda dari rendang kering, rendang basah atau kalio santannya belum mengering.

Baca juga: Mie Instant Makanan Kesukaan Semua Kalangan

Rendang itu sendiri memiliki variasi lain tidak hanya daging sapi saja, ada juga rendang ayam, rendang bebek, rendang telur, rendang paru, dan masih ada banyak lagi. Kalian tinggal memilih ingin memakan atau memasak rendang yang mana, jika kalian sudah pernah mencoba yang daging, mungkin bisa mencoba yang varian lainnya.

Tidak heran jika rendang menjadi salah satu makanan yang dinikmati oleh banyak orang, dikarenakan rempah yang digunakan sangat beragam, ditambah lagi dengan proses masaknya yang bisa memakan waktu selama berjam-jam, hingga dagingnya empuk dan bumbu-bumbunya meresap kedalam dagingnya.

Baca juga: 4 Manfaat Search Engine Marketing dalam Sebuah Bisnis