Simark.id - Bila ingin memasarkan produk yang anda miliki menggunakan digital marketing, tentu ada strategi-strategi yang dapat diterapkan. Untuk strategi digital marketing ada beberapa cara tergantung platform yang digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis strategi pada digital marketing.
Search Engine Marketing
Strategi yang satu ini melibatkan penggunaan search engine seperti google, yahoo, bing, dan facebook. Untuk search engine ini dibagi menjadi dua, yaitu search engine optimization dan juga pay-per-click
- Search Engine Optimization
Strategi yang pertama adalah search engine optimization merupakan serangkaian proses yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan volume trafik kunjungan melalui mesin pencari. Jika cara ini dilakukan agar konten anda muncul pada halaman pertama google, tanpa anda harus membayar kepada penyedia iklan.
- Pay-per-Click
Jika menggunakan search engine optimization tidak perlu membayar kepada penyedia iklan, berbeda dengan pay-per-click yang perlu membayar kepada penyedia iklan, agar konten anda akan selalu berapa pada hasil teratas ketika calon pelanggan mencari keyword sesuai produk anda.
Influencer/Affiliate Marketing
Untuk strategi yang ini anda harus membayar pihak lain yaitu influencer atau mitra afiliasi, dikarenakan mereka nantinya yang akan memasarkan produk anda kepada pengikut mereka di media sosialnya, jika mitra afiliasi berhasil menjual produk anda, anda perlu membayar komisi kepada mitra tersebut.
Content Marketing
Strategi pemasaran ini melibatkan berbagai jenis konten. Jadi mulai dari membuat konten, mengelola konten, dan memposting konten tersebut, gunanya membuat konten ini adalah untuk mengajak orang-orang untuk membeli produk anda.
Email Marketing
Strategi dengan menggunakan email marketing ini dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan. Namun untuk mengirimkan email ini tidak bisa sekedar mengirimkan email saja, email yang dikirimkan kepada pelanggan barus dibuat semenarik mungkin agar pelanggan anda mau membacanyanya dan tertarik untuk mengklik promosi yang anda berikan di email.
Social Media Marketing
Dari namanya bisa kita lihat bahwa social media marketing adalah melakukan pemasaran produk anda menggunakan platform social media. Strategi pemasaran ini dapat dilakukan dengan mengoptimasi konten yang anda buat atau bisa juga dengan menitipkan iklan di jejaring social. Anda dapat mempromosikan produk anda disetiap platform, seperti Instagram, tiktok, facebook, youtube.
Baca juga: 4 Tips Sukses menjadi Seorang Vlogger
Viral Marketing
Viral marketing merupakan cara pemasaran yang dilakukan sekreatif mungkin agar orang-orang yang melihatnya tertarik untuk membagikannya secara luas. Jadi viral marketing ini dapat dibuat semenarik, sekreatif mungkin, agar dapat menarik minat orang-orang.
Mobile Marketing
Cara pemasaran ini memanfaatkan perangkat mobile untuk melakukan digital marketing. Mobile marketing sendiri dibagi menjadi dua yaitu telemarketing dan SMS marketing.
- Telemarketing
Strategi ini dilakukan menggunakan media telepon dengan cara menghubungi nomor ponsel customer. Salah satu perusahaan yang menggunakan cara ini adalah perbankan.
- SMS Marketing
Jika telemarketing menggunakan media telepon, sementara strategi ini menggunakan medua SMS untuk mengirimkan pesas berisi promosi produk anda ke nomor ponsel pelanggan.
Radio Advertising
Ini juga merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk yang anda miliki. Sama seperti namanya, strategi pemasaran ini menggunakan radio sebagai sarananya.
TV Advertising
Jika radio dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk anda, maka TV juga dapat digunakan untuk mempromosikan produk anda. Anda dapat membeli slot untuk mengiklankan produk ada. Semakin populer acara yang sedang tayang, maka akan semakin mahal juga untuk membayar slot iklannya.
Itu adalah beberapa strategi marketing yang dapat anda lakukan untuk menarik minat pelanggan.
Baca juga: 4 Video Conference Pengganti Zoom dan Gmeet