Simark.id - Tidaklah mudah ternyata membangun sebuah brand dari awal hingga menjadi besar seperti kebanyakan brand yang sudah ada.
Brand yang bagus ternyata bisa menjadi penghubung antara customer dengan produk atau jasa yang ditawarkan dengan berbagai bentuknya.
Berikut ini beberapa langkah untuk membangun sebuah brand yang harus kamu tahu:
Baca juga: 4 Skill Wajib buat Menjadi Seorang Content Creator
Tentukan fokus dan karakteristik brand
Menentukan fokus brand merupakan sesuatu yang sangat penting karena akan sangat berpengaruh terhadap semua elemen yang ada selama kamu membangun brand tersebut.
Jadi, kepada siapa kamu akan memberikan value brand yang kamu miliki?
Kebutuhan dalam bidang apa yang akan dipenuhi oleh brand kamu?
Seperti apa cara kamu mengantarkan value tersebut?
Pertanyaan-pertanyaan seperti itu wajib kamu jawab terlebih dahulu supaya mendapatkan arah yang jelas terkait fokus brand yang kamu miliki.
Setelah itu, perlahan fokus tersebut pun akan membantu kamu menciptakan karakteristik brand kamu.
Tentukan slogan brand
Slogan yang catchy dan mampu mewakili visi dan misi brand kamu merupakan sesuatu yang penting namun tetap saja sulit untuk diciptakan.
Slogan yang singkat dan deskriptif yang mampu mewakili brand kamu akan mudah untuk dikenali.
Kamu pun bisa menempatkannya sebagai headline di website bisnis, di kartu nama, bahkan di media sosial.
Penting untuk diingat bahwa slogan bisa saja diubah seiring perkembangan brand dan setiap kali kamu menemukan strategi baru untuk kepentingan marketing, seperti Pepsi yang sudah mengganti slogannya tidak kurang dari 30 kali dalam beberapa dekade terakhir.
Desain logo brand
Entah kamu membuatnya sendiri atau menggunakan jasa desainer, sebuah logo akan menjadi wajah sebuah brand sehingga harus mampu mewakili nilai, visi dan misi brand kamu secara visual.
Orang akan mengenal brand kamu melalui logo, jadi perlu diingat bahwa logo brand harus mudah diingat, unik, dan terukur.
Kamu juga bisa menggunakan pendekatan yang lebih sederhana ketika mendesain logo, seperti konsep minimalis yang ditawarkan Google lewat logonya, atau bahkan Facebook dan Twitter.
Tentukan nama brand
Pengaruh pemilihan nama sebuah bisnis bisa jadi sangat kecil atau besar tergantung pada jenis bisnis yang kamu mulai.
Sebuah brand lebih dari sekedar nama.
Karakteristik, tindakan, dan reputasi dari sebuah brand yang akan membuatnya dikenal dan membuatnya memiliki arti di pasaran.
Namun, sebagai pemilik bisnis, nama brand merupakan salah satu komitmen penting yang harus kamu tetapkan di awal pendiriannya.
Nama brand akan berpengaruh pada pembuatan logo, penentuan nama domain website, marketing, hingga pendaftaran merk dagang.
Itu dia empat langkah dalam menentukan sebuah brand yang tepat bagi usaha yang dijalankan.
Baca juga: 4 Pekerjaan yang Masuk Dalam Kategori Content Creator