4 Platform yang Biasa Digunakan dalam Content Marketing
siMark.id | 26 Sep 2022 13:30

Bagikan ke

Simark.id - Dengan besarnya perusahaan saat ini melakukan penerapan promosi dengan content marketing, maka memerlukan beragam platform dalam menyebar-luaskan.

Salah satu yang bisa digunakan adalah platform media sosial yang sedang naik-naiknya.

Namun ternyata melakukan promosi content marketing tidak hanya di media sosial saja.

Berikut ini beberapa jenis platform untuk promosi content marketing yang bisa kamu coba:

Baca juga: 4 Macam Copywriter dalam Dunia Bisnis Online

Infografis

Infografis adalah jenis content marketing yang mengandalkan visual dengan tambahan teks yang jelas dan ringkas di dalamnya. Teks tersebut memuat informasi seputar produk atau informasi tertentu, sementara visualnya bisa berupa grafis dan diagram yang berisi data faktual. 

Dalam infografis, topik yang dimuat tidak perlu terlalu melebar, jadi cukup  satu pembahasan utama saja. 

Katakanlah , Anda ingin mempromosikan produk Hosting, maka tampilan informasi tentang apa produk hostingnya, berbagai fitur yang dimiliki dan manfaatnya bagi pengguna.

Podcast

Mengutip dari DatabooksGlobalWebIndex (GWI) menyatakan bahwa persentase pendengar podcast Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia per kuartal III 2021. Itulah kenapa, podcast sebaiknya menjadi salah satu jenis content marketing yang harus Anda gunakan karena cukup potensial. 

Telah banyak bisnis yang memakai jenis content marketing ini. Contohnya, Tokopedia, Niagahoster, dan Shopee yang mendistribusikan podcast-nya di Spotify. 

Dengan berbagai konten audio tersebut, diharapkan pemahaman audiens tentang bisnis dan produk bisa lebih baik. 

Baca juga: 4 Manfaat Penggunaan Website Dalam Dunia Usaha

Ebook

Blog sudah cukup baik untuk membuat konten informasi yang lengkap. Pun demikian, kalau  Anda membutuhkan konten  yang lebih panjang, ebook adalah salah satu media yang bisa diandalkan. 

Menggunakan ebook, Anda dapat memberikan informasi yang lengkap dan detail bagi para audiens. Umumnya, topik yang perlu diulas dalam sebuah ebook adalah topik yang spesifik dan memberikan banyak data lengkap, seperti hasil riset, hasil ujicoba dan lainnya.

Email

Email juga termasuk bentuk content marketing yang populer. Menurut mckinsey.com, efektivitas email untuk tujuan marketing terbilang tinggi, yaitu 40 kali lipat lebih efektif dibanding Facebook dan Twitter. 

Email memiliki kelebihan dalam hal distribusinya yang lebih personal. Dengan begitu, pesan yang dibuat bisa lebih personal sekaligus tetap profesional. Yang tak kalah penting, jumlah pengguna email cukup banyak, sehingga potensi untuk menjangkau target lebih besar sangat terbuka.

Itu dia empat platform yang bisa digunakan dalam penerapan content marketing.

Baca juga: 4 Skema yang Digunakan Dalam Menjalankan Carding