Jenis-Jenis Pensil dan Fungsinya
siMark.id | 11 Oct 2022 17:00

Bagikan ke

Simark.id - Salah satu alat tulis yang sering digunakan oleh semua orang adalah pensil. Biasanya kita sudah mulai menggunakan pensil ketika sudah memasuki bangku sekolah, karena pada saat sekolah, alat tulis utama yang digunakan adalah pensil. Selain itu pensil juga biasa digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi menggambar atau memiliki pekerjaan yang perlu menggunakan pensil. Pensil sendiri memiliki banyak tipenya dan juga kegunaannya masing-masing. Berikut adalah tipe-tipe pensil dan juga kegunaannya.

Baca juga: Apa Saja Peralatan Sekolah yang diperlukan Siswa

Pensil 2B

Yang pertama adalah pensil 2B, pensil itu tentunya sudah sangat tidak asing bagi banyak orang, karena biasanya orang-orang menulis menggunakan jenis pensil yang ini. Selain itu juga jenis pensil ini yang paling mudah untuk ditemukan. Fungsi pensil ini adalah selain untuk menulis, bisa juga untuk menggambar sketsa.

 

Pensil 3B

Pensil 3B ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan pensil 2B, namun ada perbedaan antara kedua pensil ini yaitu, pensil 3B lebih tebal daripada yang jenis sebelumnya. Ketebalan pensil 3B setingkat diatas pensil sebelumnya yaitu pensil 2B, sehingga pensil ini cocok dipakai untuk menggambar.

 

Pensil 4B

Tipe pensil ini berada di tingkatan diatas pensil-pensil sebelumnya. Tingat ketebalan pensil ini dapat diatur dengan cara mengatur tekanan yang diberikan pada saat menggunakan pensil tersebut. Jika ingin membuat garis yang tebal, maka bisa menambah tekanan pada pensilnya, sementara jika ingin mengurangi ketebalannya, bisa mengurangi tekanannya. Pensil ini dapat digunakan untuk membuat sketsa dalam sebuah gambar.

 

Pensil 5B

Pensil ini memiliki ketebalan dan juga kerapatan yang lebih tinggi daripada pensil sebelum-sebelumnya. Pensil ini biasa digunakan untuk menggambar seperti membuat sketsa, atau bisa juga untuk membuat memberi highlight.

Baca juga: 5 Olahan Telur yang Bisa Dicoba di Berbagai Negara

Pensil 6B

Setelah pensil 5B, selanjutnya ada pensil 6B. dengan tangkat ketebalan yang lebih tinggi lagi daripada sebelumnya, pensil ini dapat digunakan untuk menggambar. Dengan pensil ini biasanya digunakan untuk membuat tekstur pada gambar menjadi lebih realistis.

 

Pensil 7B

Pensil ini memiliki tingkatan yang tinggi, dan juga memiliki ketebalan yang paling gelap diantara pensil yang lainnya. Pensil 7B ini biasa digunakan untuk memberi shading gelap dalam sebuah gambar.

 

Pensil 2H-8H

Yang dimaksud dengan H pada kode pensil tersebut memiliki arti hardness. Jadi pensil ini berfokus pada kekerasannya. Walaupun pensil ini berfokus pada kekerasannya, namun warna yang dihasilkan dari pensil ini cenderung tipis. Semakin tinggi angkanya, maka akan semakin keras juga pensilnya. Pensil ini cocok digunakan untuk membuat gambar atau membuat highlight pada gambar.

 

Pensil HB

Jenis pensil ini mempunyai ketebalan yang cukup tebal, dan juga lebih pekat. Jenis pensil HB biasa digunakan untuk membuat tulisan yang jelas dan besar.

 

Pensil F

Jenis pensil F ini memiliki tangkat ketebalan dan juga kekerasan yang sedang. Untuk pensil jenis ini cocok digunakan untuk membuat tulisan atau bisa juga digunakan untuk membuat arsiran.

 

Itu dia jenis-jenis pensil yang ada untuk memenuhi kebutuhan orang-orang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Kalian biasa menggunakan pensil yang mana.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian