5 Tahapan dalam Proses Rebranding Setiap Bisnis
siMark.id | 05 Oct 2022 15:30

Bagikan ke

Simark.id - Rebranding memang tetap diperlukan untuk bisa bersaing antar bisnis satu sama lain bagi bisnis perusahaan yang sedang lesu.

Dengan melakukan rebranding, maka perusahaan akan mampu melakukan persaingan sehat sehingga bisnis yang dijalankan tetap berjalan dengan baik.

Oleh karena itulah perlu tahu apa saja tahapan dalam melakukan rebranding, dan berikut ini ulasannya:

Baca juga: 4 Tips Membuat Artikel yang Baik dan SEO Friendly

Perlunya evaluasi

Sebelum melakukan rebranding, Anda perlu melakukan evaluasi terhadap kondisi terkini bisnis Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kebutuhan bisnis serta tujuan Anda melakukan rebranding.

Tahapan riset mendalam

Setelah melakukan evaluasi dan mengetahui kebutuhan bisnis Anda, selanjutnya adalah melakukan riset. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengetahui langkah dan strategi apa yang bisa Anda terapkan untuk mencapai tujuan rebranding.

Penyusunan rencana

Tahapan rebranding ini adalah agar Anda dapat memetakan langkah dan strategi yang akan Anda lakukan untuk mencapai tujuan rebranding. Dengan begitu Anda memiliki panduan yang jelas ketika melakukan proses rebranding.

Baca juga: 4 Manfaat Search Engine Marketing dalam Sebuah Bisnis

Dokumentasi proses

Mendokumentasikan proses rebranding adalah langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda menilai setiap tahapan rebranding yang telah Anda lakukan. Mulai dari perencanaan awal hingga tahap terakhir rebranding. Selain itu, juga dapat membantu Anda memastikan setiap tahapan rebranding berjalan sesuai rencana.

Promosi dan sosialisasi

Tahapan terakhir ini adalah bagaimana Anda memperkenalkan kembali brand baru Anda. Prosesnya dapat Anda lakukan mulai dari memperkenalkan kepada internal bisnis, kemudian kepada pengguna dan pesaing Anda. Baik itu melalui iklan, media sosial, website, atau jenis promosi dan sosialisasi lainnya.

Itu dia lima tahapan dalam setiap proses rebranding bisnis.

Baca juga: 4 Jenis Search Engine yang Banyak Digunakan