4 Tips Melakukan Riset Keyword Youtube buat Pemula
siMark.id | 30 Sep 2022 14:00

Bagikan ke

Simark.id - Melakukan riset keyword buat youtube bagi pemula memang sangat disarankan.

Hal ini agar video youtube yang kamu buat bisa bersaing dengan video-video youtube yang lain dan bisa ditemukan dengan mudah.

Namun dalam melakukan riset ternyata tidaklah mudah, karena ada banyak yang harus kamu lakukan.

Berikut tips cara melakukan riset keyword youtube buat pemula:

Baca juga: 4 Skill yang Wajib Dikuasai oleh Content Writer

Melihat video terbaik kompetitor

Nah, kalau Anda bingung mencari ide keyword dan topiknya, mending langsung kepoin video dari kompetitor. Cara mencari keyword YouTube ini cukup ampuh dan terbilang mudah. Sebab Anda hanya perlu ATM (amati, tiru, modifikasi) video terbaik dari kompetitor. 

Lalu bagaimana caranya? 

Pertama, buka channel YouTube kompetitor Anda atau channel dengan niche yang sama. Misalnya, channel video Belajar Berbisnis berikut ini. Lalu, klik tab Video pada halaman utama kompetitor. Kemudian, Klik menu SORT BY > Most Popular.

Melihat tag video kompetitor

Sebenarnya dengan melihat judul dan deskripsi dari kompetitor, Anda sudah bisa mendapatkan keyword YouTube yang potensial. Namun, jika Anda ingin riset lebih mendalam, Anda bisa coba melihat meta tag dari video tersebut. 

Caranya, tinggal klik kanan pada area deskripsi, lalu klik View page source. Kemudian, tekan tombol CTRL + F, lalu ketik keywords. Anda akan melihat keyword YouTube yang digunakan.

Baca juga: 4 Jenis Content Writer yang Ada Dalam Bisnis

Memanfaatkan aplikasi keyword tool

Selain dua cara riset keyword YouTube tadi, Anda juga bisa memanfaatkan tool SEO yang tersedia. Ada banyak YouTube SEO tools yang bisa Anda pakai. Beberapa aplikasi keyword tool yang direkomendasikan adalah keywordTool.io, WordTracker, VidlQ, serta Google Trends.

Menggunakan youtube autocomplete

Cara mencari keyword YouTube yang paling sederhana ialah dengan menggunakan YouTube Autocomplete atau Suggestion. 

Cara ini sebenarnya sudah sering Anda lakukan ketika melakukan pencarian video di YouTube. Saat Anda mengetik beberapa kata di kolom pencarian, YouTube akan memberikan saran kata kunci yang populer atau paling sering dicari. 

Itu dia tips melakukan riset keyword youtube buat pemula.

Baca juga: 4 Tugas Seorang Content Writer dalam Perusahaan