Simark.id - Dalam dunia bisnis market share sudah menjadi hal yang biasa terjadi.
Hal ini bertujuan untuk memenangkan persaingan antar bisnis dengan para kompetitor yang ada saat itu.
Tetapi saat ini pelaku bisnis memang sudah mulai banyak sehingga perebutan pasar atau market share ini bisa lebih sengit lagi.
Lalu sebenarnya apa saja sih fungsi dari market share dalam dunia bisnis ini? Berikut ulasannya!
Baca juga: 4 Tips Melakukan Riset Keyword Youtube buat Pemula
Mengetahui daya saing perusahaan
Hasil persentase market share dari bisnis yang Anda jalani bisa dijadikan indikator daya saing perusahaan.
Jika persentase market share Anda ternyata di bawah kompetitor, Anda bisa mencari tahu apa saja hal yang dilakukan kompetitor agar mencapai posisinya.
Anda tinggal pintar-pintar lakukan amati-tiru-modifikasi untuk memperbesar market share.
Mengevaluasi jumlah penjualan
Market share juga digunakan untuk mengevaluasi jumlah penjualan.
Kalau nilainya tinggi, berarti penjualan produk Anda juga baik.
Namun, jika nilainya menurun, Anda harus mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi lalu mencari solusinya.
Misalnya, kalau persaingan bisnis digital bertambah ketat, Anda harus mencari strategi baru untuk menghadapinya.
Baca juga: 4 Video Conference Pengganti Zoom dan Gmeet
Meningkatkan reputasi bisnis
Market share bisa berfungsi untuk menilai reputasi sebuah perusahaan di mata konsumen.
Kalau suatu produk mendominasi pasar dan terus mendapatkan persentase market share tinggi dalam beberapa periode, maka otomatis konsumen akan percaya terhadap perusahaan tersebut.
Tentunya, ini akan membuat reputasi perusahaan meningkat.
Menunjukkan adanya potensi market baru
Persentase market share membantu Anda menilai adanya potensi konsumen baru di sebuah sektor industri.
Ketika market share masih rendah, artinya Anda punya peluang besar untuk menjangkau pelanggan baru.
Itu dia empat fungsi dasar adanya market share dalam dunia bisnis.
Baca juga: 4 Tips Sukses menjadi Seorang Vlogger