Simark.id - Bila ingin sebuah content marketing berjalan baik, kamu sebagai bagian dari tim promosi pastinya membutuhkan beberapa racikan strategi yang tepat.
Strategi-strategi ini bisa dijalankan dengan baik agar mendapatkan pelanggan yang potensial dan mampu menaikkan rating content yang diinginkan.
Berikut beberapa strategi dalam penerapan content marketing:
Baca juga: 5 Pekerjaan yang Masuk Kategori Brainware
Perlu menetapkan misi
Misi adalah ibarat jalan yang Anda tempuh, dan goals adalah output dari perjalanan Anda. Jadi, Anda perlu menguraikan pernyataan yang menjadi fokus dari misi content marketing Anda. Dengan kata lain, Anda menentukan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak.
Nah, inilah yang perlu Anda terapkan untuk menghasilkan misi dan goal yang baik:
- Siapa target audiens bisnis Anda? – Penting untuk Anda menentukan target audiens yang pas.
- Konten apa yang Anda gunakan untuk menjangkau mereka? – Jenis konten pemasaran perlu tentu berbeda-beda untuk menjangkau setiap segmen audiens.
- Keuntungan apa yang mereka dapatkan? – Anda juga perlu menetapkan apa saja keuntungan bagi audiens jika memakai produk Anda.
Penetapan anggaran
Strategi content marketing menetapkan anggaran adalah hal yang penting untuk Anda perhatikan. Nah, untuk menjalankan sebuah strategi content marketing yang tepat, Anda perlu buat jawaban dari poin-poin terkait penetapan anggaran, seperti:
- Apakah perlu membeli perangkat lunak atau teknologi tertentu untuk membuat konten (seperti Adobe Photoshop, Canva, kamera untuk mengambil foto dan video berkualitas tinggi, berlangganan Ahrefs)?
- Apakah Anda bisa melakukan desain konten (seperti, penulis, desainer, dan sebagainya)? Jika tidak, apakah Anda membutuhkan pekerja konten tersebut?
- Apakah Anda perlu membayar untuk advertising atau iklan?
- Apakah Anda membutuhkan maintenance konten?
Baca juga: 4 Jenis Tampilan Pop Up yang Ada di Komputer
Identifikasi sumber daya
Untuk menjalankan kampanye content marketing yang berhasil, Anda membutuhkan sumber daya yang cukup dan tepat.Jadi, content marketing dapat berjalan dengan baik.
Beberapa poin yang Anda perlu perhatikan, antara lain:
- Siapa yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan memelihara konten?
- Tools dan kemampuan yang Anda perlukan untuk membuat konten?
Nah, dari situ Anda bisa mulai menentukan apa yang harus Anda siapkan. Mulai dari alat-alat, sampai manusianya.
Lakukan analisis
Jangan lupa, Anda perlu menganalisa apakah content marketing Anda hasilnya maksimal atau tidak.
Untuk melakukan ini, Anda tidak perlu melakukannya secara manual, karena Anda dapat memanfaatkan Google Analytics, dashboard paid ads (Google Ads, Instagram Ads, TikTok Ads), Buzzsumo, dan lain sebagainya.
Itu dia empat strategi dalam penerapan content marketing.
Baca juga: 4 Kegunaan Jendela Pop Up Pada Perangkat Komputer