Apa Itu Off-Page SEO?
siMark.id | 27 Oct 2021 15:10

Bagikan ke

simark.id - Blogger dan pemilik website tentu sudah tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Ada dua tipe SEO yang biasanya di gunakan untuk mengoptimalkan hasil yang di tuju: On-Page SEO dan Off-Page SEO. Tujuan utama dari penggunaan SEO adalah untuk menaikkan traffic dan page ranking di mesin pencari.

Baca juga : Belum Tahu Soal Search Engine? Wajib Baca Ini!

Apa itu off-page SEO?

Dalam SEO, istilah off-page optimization mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website Anda. Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, SEO off-page berhubungan dengan link building atau back linking.

Apa perbedaan off-page SEO dan on-page SEO?

Saat mengevaluasi sebuah situs, mesin pencari akan melihat dari on-page (hal-hal mengenai website Anda) dan SEO off-page (seberapa populer website Anda). Sederhananya, kategori peringkat Anda di tentukan oleh faktor on-page dan seberapa tinggi peringkat Anda dalam mesin pencari di tentukan oleh faktor off-page. Dalam on-page SEO, tips yang biasanya di berikan adalah kecepatan loading halaman, konten, kualitas konten, eksternal links, judul serta deskripsi, dan lainnya. Kalau SEO off-page adalah tips mengenai link building, social media marketing, dan social bookmarking.

Mengapa off-page SEO penting?

Saat seseorang mencari informasi mengenai sebuah brand, mereka biasanya sudah punya pendapat sendiri berdasarkan review, komentar dari teman dan keluarga, atau kenalan di dunia maya, serta informasi apapun yang mereka bisa dapatkan baik online maupun offline. Off-page SEO pada dasarnya memberi tahu mesin pencari seperti Google bagaimana pendapat pengunjung mengenai website Anda yang dapat membantu website Anda menjadi website otoritas dengan meningkatkan visibilitas. Namun, banyak yang berpikir bahwa off-page SEO hanyalah link building. Padahal ada beberapa cara lain dalam mengoptimalkan penggunaan off-page SEO.

Strategi off-page SEO

Metode baru off-page ini bisa di bilang masih works untuk dilakukan, berikut list strategi terbaru off-page SEO:

1. Link Building

Metode ini merupakan metode off-page yang paling populer dan efektif. Pada dasarnya saat Anda memberikan link eksternal dalam konten Anda, Anda berusaha mengumpulkan votes sebanyak mungkin untuk menaikkan peringkat dan mengungguli kompetitor Anda. Serupa dengan konten, pastikan Anda mendapatkan backlinks yang berkualitas. Ada beberapa faktor yang menentukan kualitas sebuah link:

• Website yang terpercaya

• Konteks yang relevan dengan isi konten Anda

• Popularitas dari backlinks

• Teks untuk link harus mendeskripsikan konten dari link target dalam beberapa kata

• Link natural dan bukan berbentuk seperti javascript

Lalu bagaimana cara mendapatkan link ini? Natural link merupakan link yang paling di sukai oleh mesin pencari. Natural link berarti website Anda di sukai oleh pemilik website lain dan memberikan link menuju website Anda karena sesuai dengan isi konten mereka.

Mendapatkan natural link memang tidaklah mudah. Cara terbaik adalah dengan mengunggah konten yang berkualitas yang layak di jadikan backlink di website mereka. Aturan penggunaan link building berubah setiap waktu dan mesin pencari pun berusaha menghindari penggunaan cara yang salah. Namun, jika Anda menerapkan strategi yang baik tujuan penggunaan link building akan tercapai.

2. Media Sosial

Hampir semua orang memiliki media sosial. Selain untuk bersosialisasi dan bersenang-senang, ini juga bisa di gunakan untuk SEO off-page. Meskipun link yang Anda temukan di media sosial biasanya adalah no-follow links, bukan berarti link tersebut tidak berharga. Mempromosikan brand Anda di jejaring sosial dapat membantu menaikkan traffic yang cukup signifikan.

3. Local SEO

Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin baik, metode Local SEO juga semakin populer. Meskipun terlihat serupa dengan SEO biasanya, kedua SEO ini sangat berbeda di mana Local SEO berfokus pada memberikan hasil yang berkaitan berdasarkan lokasi pengguna saat itu. Untuk menggunakan Local SEO, gunakan Google Places for Business Page dan lengkapi semua informasi yang di butuhkan serta sinkronisasi dengan akun Google+ Anda.

Faktor off-page SEO

Berikut adalah beberapa faktor penting yang membantu metode off-page SEO dan menaikkan peringkat halaman Anda:

1. Inbound Links

Dalam menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari, biasanya adalah dengan melihat banyaknya link yang di tujukan ke website Anda. Penggunaan hyperlink ke website Anda di hitung sebagai suara dukungan bagi website Anda. Ada baiknya pula jika link tersebut berasal dari berbagai domain berbeda.

Baca juga : Apa Itu Alexa Rank?

2. Anchor Text

Anchor text merupakan teks yang di jadikan hyperlink. Dalam meangaplikasikan off-page SEO, ada baiknya Anda memberi keyword yang sesuai untuk link tersebut yang membantu mesin pencari untuk mengidentifikasi mengenai website Anda dan mengetahui keyword yang akan di beri peringkat.

Pastikan anchor text yang digunakan menggambarkan isi konten dari link yang diberikan. Gunakan juga anchor text yang bervariasi yang lebih disukai oleh algoritma terbaru dari Google.

3. Kualitas Link

Tidak semua link memiliki nilai yang sama. Link dari blog populer tidak akan sama nilainya dengan link dari blog pemula. Website yang biasanya di kategorikan sebagai website yang terpercaya biasanya merupakan:

• Website dengan domain .edu atau .gov

• Authority website yang merupakan website besar yang selalu muncul berdasarkan keyword Anda

• Website yang sudah ada sejak lama

• Website yang sesuai dengan topik konten Anda

Penggunaan beberapa link berkualitas tinggi dari situs yang termasuk kategori di atas lebih di sukai bila kita bandingkan dengan yang memiliki 100 link tidak berkualitas.

4. Kecepatan Link Building

Kecepatan link building juga menjadi salah satu faktor penting dalam ¬off-page SEO. Namun, link building yang terlalu cepat juga akan di anggap tidak wajar oleh mesin pencari dan bisa berakibat penalti (terutama jika website Anda masih tergolong baru). Selama Anda tidak menggunakan alat otomatis yang menjanjikan ribuan link dalam satu waktu, Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Alat off-page SEO

Untuk mempermudah Anda, kini banyak bermunculan alat-alat yang membantu mengoptimalkan metode off-page SEO. Berikut beberapa alat yang bisa Anda gunakan:

1. Google Ads

Banyak orang menganggap bahwa Google Ads merupakan alat paling bermanfaat untuk off-page SEO. Fitur yang di tawarkan antara lain: meningkatkan jumlah pelanggan, mendapatkan hasil yang cepat dan mudah di mengerti, peningkatan traffic yang berkualitas, memberi informasi mengenai pasar, dan pencarian keyword.

2. Ahrefs

Alat ini berguna untuk berbagai hal karena Ahrefs memiliki database backlink yang besar dan membantu Anda mengetahui segala hal mengenai website Anda dan kompetitor. Fitur yang di tawarkan seperti: melacak backlink Anda, menemukan kata kunci yang paling relevan, mengetahui informasi pesaing Anda, dan menganalisis strategi mereka.

3. Majestic

Majestic juga merupakan salah satu alat terbaik untuk SEO. Alat ini juga di kenal sebagai alat backlink paling canggih. Fitur yang di tawarkan antara lain: SEO untuk professional, media analytics, alat pengusaha, perbandingan dengan pesaing, menjelajahi domain secara rinci.

4. Moz

Layanan yang di berikan oleh Moz sangat lengkap yang menawarkan data traffic yang unik. Dengan menggunakan Moz, Anda akan bisa fokus pada strategi yang Anda miliki. Fitur yang di tawarkan oleh Moz antara lain: open site explorer, melacak kampanye pemasaran Anda, meneliti peluang sebuah kata kunci, dan melacak kesalahan penjelajahan.

Demikian artikel yang membahas tentang Off-Page SEO. Bila suka dan berkenan bisa Anda bagikan pada banyak orang. Bila ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Sekian artikel tentang off-page SEO. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi anda, dan bila menyukai artikel ini bisa anda bagikan. Saran tetap kami tunggu demi kemajuan kualitas artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga : Begini Cara Riset Keyword Youtube Bagi Pemula