Memberikan Vaksin Kepada Anak
siMark.id | 05 Oct 2022 10:00

Bagikan ke

Pemberian vaksin merupakan cara yang efektif agar dapat mencegah penyakit menular. Menurut Badan Kesehatan Dunia, memberikan vaksin kepada anak hingga dewasa, dapat mengurangi infeksi penyakit menular. Para ahli pun terus melakukan riset untuk memastikan bahwa keamanan vaksin tetap terjaga, dengan melakukan penelitian-penelitian.

Baca juga: Pentingnya Menggosok Gigi untuk Kesehatan

Pemerintah Indonesia mewajibkan untuk memberikan vaksin kepada anak, untuk mencegah beberapa penyakit. Selain vaksin wajib, ada juga vaksin pilihan yang tidak kalah penting untuk mencegah terjangkitnya penyakit. Ada beberapa vaksin yang tersedia di Indonesia untuk anak-anak.

 

Vaksin Hepatitis B

Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit hepatitis B, yaitu peradangan pada organ hati disebabkan oleh virus hepatitis B. Jika terinfeksi hepatitis B, dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti kanker hati.

 

Vaksin Polio

Vaksin Polio bermanfaat untuk mencegah penyakit polio, yaitu penyakit yang menyerang saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit polio disebabkan oleh infeksi virus yang menular.

 

Vaksin BCG

BCG adalah singkatan dari Bacillus Calmette-Guerin. Dengan vaksin BCG kita dapat mencegah penyakit tuberkulosis. Yaitu penyakit menular yang dapat menyerang paru-paru, namum dapat menyerang organ tubuh lainnya contohnya ginjal, dan otak.

 

Vaksin Pneumokokus

Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus, diantaranya adalah meningitis dan pneumonia.

 

Vaksin DPT

Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Difteri adalah infeksi bakteri yang menyerang hidung dan tenggorokan. Jika tidak di tangani berpotensi untuk menyerang otak, jantung dan ginjal. Pertusis adalah infeksi bakteri yang menyerang saluran pernapasan dan paru-paru. Penyakit ini mudah menular dan berpotensi untuk mengancam nyawa apabila menyerang bayi dan anak-anak.

Baca juga: Kopi Sebagai Salah Satu Minuman Kekinian

Vaksin Rotavirus

Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah peradangan yang menyerang saluran pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi virus. Infeksi virus ini dapat menyebabkan diare pada bayi dan anak-anak. Terutama jika lingkungan sekitarnya kurang terjaga.

 

Vaksin Campak

Vaksin Campak bermanfaat untuk mencegah penyakit campak. Yaitu penyakit yang menyerang saluran pernapasan yang ditandai dengan munculnya ruam merah di seluruh tubuh. Campak adalah penyakit menular, dan jika tidak ditindak lanjuti dapat menyebabkan komplikasi, pada bayi dan anak-anak

 

Vaksin Influenza

Vaksin influenza bermanfaat untuk mencegah penyakit flu. Flu sendiri merupakan penyakit yang mudah menular, dan jika sudah terkena flu dan tidak ditindak lanjuti akan membuat penyakitnya tambah parah.

 

Vaksin HPV

HPV adalah singkatan dari Human Papillomavirus. Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus itu sendiri. Dampak dari virus ini adalah dapat menyebabkan kanker serviks.

 

Vaksin MMR

MMR merupakan singkatan dari Measles (Campak), Mumps (Gondongan), Rubella. Manfaat dari vaksin ini adalah untuk mencegah ketiga penyakit tersebut. Untuk pemberian vaksin MMR ini disarankan untuk semua usia, terutama bagi yang belum mendapatkan vaksin ini.

 

Vaksin Varisela

Vaksin ini bermanfaat untuk mencegah anak, dari cacar air. Yaitu penyakit menular disebabkan oleh virus bernama Varicella Zoster. Gejalanya adalah ruam merah yang berisi cairan dan terasa gatal di tubuh.

 

Vaksin Dengue

Vaksin ini bermanfaat untuk melindungi dari penyakit demam berdarah. Yaitu penyakit yang ditularkan oleh nyamuk. Jika tidak ditangani segera, penyakit demam berdarah ini dapat berpotensi menyebabkan kematian.

 

Vaksin Japanese Encephalitis

Vaksin ini bermanfaat agar mencegah penyakit yang diakibatkan oleh virus Japanese Encephalitis. Penyakit ini dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk, dan akibat dari penyakit ini dapat menyebabkan pembengkakan disekitar otak, hingga menyebabkan kematian.

Hal-hal diatas adalah vaksin-vaksin yang dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak. Agar kedepannya mereka dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya di kemudian hari.

Baca juga: 5 Bahaya yang Terjadi Bila Memilih Hosting yang Murah